Jumat, 07 Desember 2012

Cara Memperbaiki Power Supply Unit (PSU) Komputer

Apakah anda punya power supply unit (PSU) komputer yang sudah tidak bisa hidup ?
Jika ada , dan anda punya waktu senggang , cobalah memberanikan diri untk memperbaikinya. Jangan takut kalau nanti tambah rusak , karena PSU nya memang sudah rusak :D

PSU komputer adalah power supply dengan sistem switching. Pada power supply switching, kebanyakan yang rusak adalah komponen yang berada pada bagian primer.





 langsung saja anda siapkan peralatan yang diperlukan.
Peralatan yang anda perlukan tidaklah banyak , anda hanya perlu menyediakan solder, timah, obeng + , avometer , dan penyedot timah, dan uang untuk membeli komponen yang rusak :D

Di sini saya akan mengambil contoh PSU merk OKAYA




Kalau sudah siap, langsung saja buka tutup PSU nya.
Lepaskan papan rangkaian (PCB) dari casing.




Komponen yang perlu diselidiki  adalah :

1. Sekering (fuse)



Cek sekring dengan avometer, jika sekring putus , silakan ganti sekring dengan sekring baru yang sama nilainya dengan sekring yang lama.

Silakan hubungkan PSU anda ke listrik PLN , jika sekring putus lagi , berarti transistor regulatornya jebol/short. Lepaskan steker dari stop kontak/terminal/apalah namanya

2. Dioda penyearah , ada 4 buah.





Lepas dioda, cek dengan avometer. Dioda hanya mengalirkan arus listrik pada satu arah saja, ukur dioda bolak balik , jika tembus  , silakan ganti dengan dioda yang sama !

3. Elco 330uF/200V, ada 2 buah






Elco ini bentuk fisiknya lebih besar dari elco yang lain. Jika elco kembung karena masuk angin , silakan ganti dengan elco yang baru.

4. Transistor regulator. ada 3 buah , terdiri dari 1 buah transistor DFF2N60 , dan 2 buah transistor 13007
. Transistor ini dipasang pada aluminium dan transistor ini berada dekat elco besar.
Lepas transistor dari papan rangkaian (PCB), cek dengan avometer , jika kaki emitor dan kolektor tersambung , berarti transistor jebol , silakan ganti transistornya dengan yang baru dan harus sama dengan yang lama.
Jika transistor regulator jebol , periksa juga komponen yang berada di dekat transistor regulator tersebut. Karena biasanya komponen yang berada di jalur transistor regulator akan ikut²an jebol/putus/nilainya berubah.
Komponen yang suka ikut²an itu adalah dioda dan resistor.
Jika ada yang jebol/putus/nilainya berubah , silakan ganti dengan komponen yang masih bagus.

5. Dioda penyearah pada bagian sekunder . Dioda ini ada 3 buah , dan bentuk dioda ini mirip transistor regulator, dan dioda ini juga menggunakan aluminium untuk membuang panas. Cek dioda ini , jika putus/jebol , silakan ganti diodanya dengan yang baru.
Juga cek 1 buah dioda SR360

6. IC B0813
ic ini berada antara 2 buah trafo kecil.




Jika anda yakin PSU anda sudah baik , silakan hubungkan ke stop kontak !
Ukur tgangan pada kabel warna ungu terhadap Ground (kabel warna hitam), ukur dengan menggunakan avometer , jika ada tegangan 5 volt yang terbaca pada avometer , berarti sudah ada titik terang PSU anda akan hidup lagi

Perhatikan kipasnya , apakah kipasnya berputar ?
Pasti kipasnya tidak berputar kan ?
"Ya iya lah , kan PSU nya belum dihubungkan ke motherboard" Anda tidak perlu motherboard untuk menghidupkan kipasnya, yang anda perlukan hanyalah sejengkal kabel.
Pada soket/slot/jack yang ke motherboard,



hubungkan kabel yang berwarna hitam ke kabel yang berwarna hijau. Hubungkan dengan menggunakan kabel sejengkal yang anda punya. Jika PSU anda normal , pasti kipasnya langsung berputar.
Dan jika kipasnya berputar , maka semua tegangan dipastikan sudah ada , dan untuk memastikannya , silakan ukur tegangan pada ujung² konektor/jack/apapun namanya dengan menggunakan avometer.
Hubungkan kabel avometer yg warna hitam ke salah satu kabel warna hitam dari PSU, kemudian hubungkan kabel warna merah Avometer ke setiap kabel yang berwarna selain warna hitam, hijau, dan abu-abu