Pages - Menu

Kamis, 29 November 2012

Membuat Radio Komunikasi Dengan Tuner FM



Hai sobat penggemar elektronika khususnya radio, kali ini saya mau berbagi tentang cara membuat radio komunikasi FM dengan Tuner FM receiver. Sebelum memulai, sebenarnya saya sudah malas sekali untuk menulis tentang elektronika, tapi hingga sekarang ini dijaman yang semakin canggih, ternyata masih banyak pula yang ingin sekali membuat radio untuk berkomunikasi dijalur FM. Hingga saat inipun masih ada saja yang berkunjung di briker.tk dan menanyakan bagaimana cara membuatnya. Padahal saya sendiri sudah lama tak menggunakannnya dan sudah malas-malasan mengurusi situs itu.



Dengan adanya teman yang menanyakan cara membuat pemancar dari tuner FM tadi, akhirnya saya jadi semangat lagi menulis untuk berbagi pengalaman saya dulu sewaktu masih asyik berbincang ria dengan teman-teman yang jauh melalui frequency FM.
Sebenarnya saya sendiri juga bukan ahli dibidang ini. Saya hanyalah penggemar elektronika kelas amatiran yang hanya bermodal pengetahuan pas-pasan dan modal nekat aja hehehe…., . Tapi sungguh mengasyikan rasanya bisa ngobrol dengan teman berjam-jam hingga lupa waktu lupa makan karena semua gratis tanpa perlu membeli pulsa layaknya handphone. Diradio saya biasa dipanggil wawan karena saya tidak mempunyai nama khusus udara.
Disini saya akan mulai dengan membuat Radio Komunikasi FM pada jalur Frequency antara 70.7MHz – 90.5Mhz karena biasanya di rentang 70.7Mhz hingga 75.0MHz biasanya digunakan untuk input Radio Pancar Ulang (RPU) jadi agar bisa masuk juga kesana. lalu untuk komunikasi antar lokal istilahnya Direct, biasanya di rentang Frequency antara 78.0MHz hingga 85.0MHz didaerah saya.
Radio yang saya buat dengan 2 buah Tuner, 1 amplifier, dan 1frequency counter untuk mendisplay difrequency berapa radio kita bekerja. Semuanya saya kemas dalam sebuah box bekas tape mobil dengan 2 tombol Tuning dan 2 potensio didepan. jack antenna dan power supply dibelakang.
Langsung saja saya rinci alat2 yang dibutuhkan antara lain:
- 2 buah Tuner FM receiver
- 1 lembar PCB polos
- 1 kit amplifier IC TDA2003
- 1 kit penguat sinyal LA1260
- 1 kit pre amp mic
- 1 buah mic ECM (electric condensor mic)
- 1 kit Counter frequency FM
- 2 biji Transistor C2570
- 1 biji Transistor C2053
- 1 biji Transistor C1971
- 2 buah Trimmer keramic 10-30pf (bisa juga memakai trimmer seperti yang ada didalam tuner FM)
- 2 buah Trimmer keramic 30-70pf
- 1 buah Relay 2induk(untuk antenna dan power supply)
- Timah dan Solder
- kabel secukupnya
- siapkan juga udud ataupun cemilan kesukaan anda untuk melancarkan jalannya perakitan.
Pertama kita buat dulu jalur PCB untuk pemancar pada PCB kosong tadi seperti ini,

Lalu kita ambil 1 buah Tuner yang akan kita buat sebagai pembangkit sinyal untuk pemancarnya. Buka penutup sirkuit Tuner dan lihat pada bagian tabung paling atas yang berfungsi sebagai pembangkit sinyal pada tuner. Terlihat ada 2 kaki kawat lilitan yang tersolder ke pcb, tambahkan 1 kapasitor keramik senilai 18pf ke kaki kawat lilitan tadi agar frequency bisa turun. Lalu berikan voltase 5v ke pin B+, dan pin OSC ke input Counter frequency.
Amati apakah Counter sudah menunjukan nilai 60.0MHz pada putaran tuning kebawah?? kalo sudah, berarti stop disini. karena selisih 10.7 pada frequency FM, jadi keluaran sinyal nantinya akan bisa dipantau di 70.7MHz di Radio receiver paling bawah.
Pasang Tuner tadi pada tempatnya dan tambahkan satu penguat Buffer dengan Transistor C2570 beserta komponen pendukungnya. beri voltase dan tempelkan sebuah bolam lampu pada kapasitor output apakah lampu mampu menyala? jika sudah mampu menyala meskipun agak redup, berarti sinyal sudah mampu keluar. Lanjutkan memasang penguat tingkat selanjutnya dan lakukan pengecekan seperti tadi hingga sampai ke bagian Transistor final.
Lihat skema ini baik-baik dan untuk melakukan hal diatas

NB: untuk pemancar, pin out Tuner yang digunakan hanya GND (terhubung ke ground), B+ (beri voltase antara 5-7volt), OSC (bagian yang akan dihubungkan ke penguat buffer), AFC (bagian yang akan dihubungkan ke penguat mic sebagai input modulasi).
Selanjutnya kita ambil Tuner FM yang tersisa untuk penerima atau receivernya dengan cara yang sama seperti tadi dengan menambah kapasitor pada kawat lilitan bagian paling atas namun nilai kapasitor bukan 18pf melainkan cuma 7pf saja (bisa ditambahkan nilainya jika keluaran frequency belum sesuai yang diinginkan) dan beri voltase 5v pada pin B+, juga hubungkan pin OSC pada Counter hingga display menunjukan angka 70.7MHz paling bawah dan segera cabut voltase. Lalu pasang trimmer kapasitor keramik pada kawat lilitan bagian tengah dan bawah untuk mengatur kejernihan sinyal yang diterima. Pasangkan sirkuit penguat Tuner FM IC LA1260 dan perkuat output audio dengan sirkuit amplifier IC TDA2003 dan hidupkan.
EItss! jangan lupa pasang antenna yah… tar lupa lagi. Coba cari gelombang sinyal dengan memutar tuning, apakah bisa menemukan sinyal radio? Mungkin satu atau dua sinyal bisa tersangkut atau malahan banyak spleteran radio resmi dari gelombang atas? klo iya, jangan panik sob, saya sudah sekian banyak mengalaminya hehehe…. jangan putus asa, coba setel (tuning) trimer kapasitor tadi hingga menemukan sinyal yang lebih bersih dan benar-benar sinyal asli bukan spleteran radio atas. Jika kebetulan malah bisa menangkap sinyal seperti orang bercakap-cakap, mulailah mencoba menyetel trimer kapasitor lagi secara perlahan barangkali bisa lebih jernih lagi hingga terasa sudah mentok ya sudah berarti pembuatan Tuner untuk receiver selesai.
NB: untuk penerima, pin out Tuner yang digunakan hanya GND (terhubung ke ground), B+ (beri voltase antara 5volt), OSC (bagian yang akan dihubungkan ke input Counter Frequency), OUT (bagian yang akan dihubungkan ke penguat IC LA1260), ANT (bagian yang dihubungkan ke antenna), AFC (bagian yang akan dihubungkan ke kaki IC LA1260).
Ini skema amplifier IC TDA2003 untuk dihubungkan ke output penguat Tuner IC LA1260 mampu keluar 6watt sudah lumayan kenceng suaranya.

Langkah selanjutnya silahkan atur sendiri penempatan semua sirkuit kedalam box yang telah kalian sediakan untuk itu.
Atur relay antenna antara pemancar dan penerima dan juga switch jumper untuk transmit yang akan saya ulas secara terpisah nanti. Jangan lupa memasang jack power supply dan antenna serta jack mic dan speaker. Selamat mencoba semoga berhasil untuk ngebrik ria hehehehe… Salam Briker.